THE RAW MASTER



     Raw material atau material mentah memang sedang naik daun belakangan ini. Ciri dari aliran yang satu ini adalah menonjolkan unsur detailing handmade dan skill yang gak main-main. Knapa bisa begitu? itu lantaran ubahan bergenre RAW material minim penggunaan cat. Jadi segala bentuk pembuatan terlihat jelas pada hasil akhirnya.
     Eits, tapi jangan salah paham dulu nih. Bukan berarti yang gak RAW material gak menuntut skill loh!! Hanya saja untuk pengerjaannya butuh waktu lama dan kehati-hatian yang tinggi. Karena segala bentuk kesalahan sekecil apapun dalam prosesnya, pastinya bakal keliatan.
      Nah didunia kustom Internasional, ada beberapa nama yang konsisten menghasilkan karya dengan genre RAW ini. Empat nama diantaranya ini bisa jadi paling akrab di Indonesia. Atau belum tau sama sekali?? Nah berikut profil singkat mereka. 



SHINYA KIMURA (Chaboot Engineering)
     Shinya Kimura, sebelumnya dikenal sebagai pendiri "ZERO". Setelah sukses, pria asal Jepang ini meluncurkan bengkel sendiri bernama "Chabott Engineering" di kota Azusa, California pada tahun 2006.  Kimura terus eksplorasi segala jenis logam dan karet ... atau apa pun ... dengan cara yang baru dan berbeda. Untuk itu, menurut penulis ia lebih cocok disebut seniman (motoartist) ketimbang modifikator. Tidak hanya membangun motor kustom, tetapi menciptakan seni fungsional dengan menanamkan filosofi dan nilai-nilai estetika Jepang dalam desain  unik-nya.




CHICARA NAGATA
     Adalah salah satu jenis builder "Da Vinci". Nagata tinggal di Saga Prefecture di Kyushu Pulau di bagian selatan Jepang. Dia seorang desainer grafis yang berpengalaman 30 tahun lebih dibidangnya. Karena itu, ia menjadi desainer yang disegani di Jepang. 
     Yang mengherankan ia menghabiskan antara 5.000 dan 7.000 jam per-motor, tanpa desain sketsa atau model dalam CAD - ia melakukan itu semua dari kepalanya dan tangannya! "Saya tidak memiliki mesin canggih yang mahal. Aku memotong lembaran logam, las memakai alat tangan. Dibutuhkan sekitar 5.000-7.000 jam untuk membuat satu sepeda motor ", ujar Chicara Nagata. Prestasinya, menjuarai kompetisi AMD beberapa tahun silam. 





REVIVAL MOTORCYCLE
     Rumah modifikasi yang satu ini berada di kota Austin, Texas, Amerika. Di gawangi oleh 5 orang crew, Revival sukses merebut perhatian dunia kustom Amerika dan Eropa lewat karyanya belakangan ini yang hadir dengan sentuhan aluminium RAW.




Maxwell Hazan (Hazan Motoworks) 
     Builder yang satu ini menetap di Venice, California, Amerika. Pria yang mendapat penghargaan Pipeburn 2013 Bike Of The Year ini sanggup menjual hasil karyanya sebanyak 6-8 motor pertahun. Laku?? Jelas aja, liat sendiri hasil buatan tangannya di bawah ini.
     Bakat desain yang dimilikinya didapat dari pengalaman kerja sebagai arsitek dan interior design, sebelum akhirnya menggeluti "full time" sebagai motoartist. Gak heran, belakangan namanya sering disebut sebut media online internasional, karena hasil karyanya seperti Xs 650, Royal Enfield, dan Iron Head yang inspiratif dan unik.



Powered by Blogger.